Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

OLAHRAGA

Indonesia Kirim 130 Atlet Berlaga di Ajang Asian Para Games 2022, Target Finish di Posisi 10 Besar

Senin 23-Oct-2023 08:52 WIB

188

Indonesia Kirim 130 Atlet Berlaga di Ajang Asian Para Games 2022, Target Finish di Posisi 10 Besar

Foto : brominemedia.com

Brominemedia.com - - Ajang Asian Para Games 2022 Hangzhou secara resmi sudah di buka. Pembukaan kegiatan ini sendiri berlangsung di Olympic Sports Centre Stadium, Hangzhou, China pada Minggu (22/10/2023).

Dalam acara pembukaan ini pun setiap negara yang menjadi kontestan membuat para penonton terpukau saat sesi parade atau defile atlet.

Tak ketinggalan Kontingen Indonesia yang juga mencuri perhatian dengan busana yang dikenakan saat defile pembukaan Asian Para Games 2022 Hangzhou. Defile kontingen Indonesia memamerkan keragaman adat nusantara.

Dalam defile kontingen tersebut, Indonesia sendiri berada di urutan kesembilan dan tampil setelah India. Riadi Saputra dan Dwiska Maharani memimpin barisan sebagai pembawa bendera Merah Putih.

Dalam kegiatan pembukaan ini juga turut hadir Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk Asian Para Games 2022 Hangzhou, Angela Tanoesoedibjo dan ditemani oleh Deputi CdM, Andi Herman.

Kontingen-kontingen Indonesia yang menempati barisan paling depan terlihat mengenakan busana adat dari berbagai daerah di Indonesia. 

Adapun busana adat yang dikenakan yaitu untuk wanita berasal dari Lampung, Palembang dan Bali. Sedangkan untuk pria berasal dari Kalimantan, Nusa Tenggara Timur dan Aceh.

"Kami bawa konsep bahwa Indonesia yang memiliki keragaman budaya, maka kami menampilkan beberapa pakaian adat, ya, yang mewakili etnis ataupun wilayah yang ada di negara kita," terang Andi Herman dikutip dari laman resmi Kemenpora.

Selain itu, ada juga jaket yang dikenakan oleh kontingen Indonesia yang bermotif merah putih dengan sentuhan motif mega mendung.

 

Empat motif mega mendung di bagian dada kanan yang berarti 'Saka Guru', yaitu tonggak penyangga harapan para atet Indonesia agar tidak goyah dalam segala hal. Sementara satu motif mega mendung pada bagian dada sebelah kiri memliki arti sebagai pendingin agar para atlet berfikiran sehat.

Motif lainnya ialah songket Sumatera dengan benang perak motif bintang berantai pada bagian lengan. Motif bintang berantai memiliki arti kesatuan dari bintang-bintang yang bermakna kemenangan atau kemajuan yang pesat.

Ini diharapkan bisa menjadi tekad kuat untuk para atlet yang berjuang untuk terus berusaha meraih kemenangan. Dan bagian punggung terdapat gambar peta Indonesia yang menggambarkan luasnya wilayah dan budaya-budaya yang ada di Indonesia.

"Itu yang ingin kami tampilkan sebagai sebuah keragaman budaya tapi tetap dalam unity bahwa Indonesia satu-kesatuan, itu yang kami usung,” jelasnya.

Pada ajang Asian Para Games 2022 ini, Indonesia mengirim 130 atlet yang nantinya akan berlaga di 12 cabang olahraga. 

Skuad merah putih pun di targetkan bisa finish dalam jajaran 10 besar AiPG Hangzhou 2022 dengan membawa pulang 19 medali emas, 23 medali perak, dan 25 medali perunggu.

Share:

Konten Terkait

PEMERINTAHAN Pengakuan Taufik Hidayat soal Instruksi Presiden Prabowo dalam Dunia Olahraga

Presiden RI 8 mengharapkan, Taufik Hidayat dapat mengawal kemajuan prestasi olahraga Indonesia. Baca lengkap di sini.

Senin 21-Oct-2024 20:31 WIB

Pengakuan Taufik Hidayat soal Instruksi Presiden Prabowo dalam Dunia Olahraga
LIFESTYLE Mantapkan Motivasi dan Ajak Pasangan, Ini Tips Penting untuk Memulai Olahraga

Olahraga merupakan cara termudah untuk menjaga kesehatan tubuh. Pada saat berolahraga, tubuh menjadi lebih bebas bergerak sehingga membuat sirkulasi darah menjadi lancar. Selain itu, olahraga juga mampu meningkatkan proses metabolisme tubuh, yaitu proses mengolah nutrisi dari makanan dan minum yang dikonsumsi menjadi energi.

Kamis 26-Sep-2024 20:27 WIB

Mantapkan Motivasi dan Ajak Pasangan, Ini Tips Penting untuk Memulai Olahraga
KESEHATAN Penderita Asma Disarankan Olahraga Renang, Ini Manfaatnya

Dokter menyarankan penderita asma untuk melakukan olahraga renang. Renang bermanfaat untuk melatih pernapasan agar menjadi lebih baik." Untuk..

Kamis 02-May-2024 20:37 WIB

Penderita Asma Disarankan Olahraga Renang, Ini Manfaatnya
OLAHRAGA Indonesia Kirim 130 Atlet Berlaga di Ajang Asian Para Games 2022, Target Finish di Posisi 10 Besar

Brominemedia.com - Ajang Asian Para Games 2022 Hangzhou secara resmi sudah di buka. Pembukaan kegiatan...

Senin 23-Oct-2023 08:52 WIB

Indonesia Kirim 130 Atlet Berlaga di Ajang Asian Para Games 2022, Target Finish di Posisi 10 Besar
OLAHRAGA Klasemen Perolehan Medali Asian Games 2023 Kamis Pagi 5 Oktober: China Dominan, Indonesia ke-12

Gelaran Asian Games 2023 masih akan bergulir hingga Minggu, 8 Oktober 2023. China berhasil mengunci predikat sebagai juara umum.

Kamis 05-Oct-2023 02:12 WIB

Klasemen Perolehan Medali Asian Games 2023 Kamis Pagi 5 Oktober: China Dominan, Indonesia ke-12

Tulis Komentar