Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PERISTIWA

Debit Air Semakin Surut Setiap Hari, Banyak Warga Bertanam di Waduk Tandon

Jumat 25-Aug-2023 15:13 WIB

1,203

Debit Air Semakin Surut Setiap Hari, Banyak Warga Bertanam di Waduk Tandon

Foto : brominemedia

brominemedia.com – Waduk Tandon, Selogiri, Wonogiri mengalami penurunan debit air akibat kemarau panjang.  Bahkan air di Waduk Tandon surut sekitar 1 meter dari hari sebelumnya, Kamis (24/8/2023). 

Dari pantauan brominemedia.com banyak warga memanfaatkan surutnya Waduk Tandon dengan mencari ikan dengan memancing atau menggunakan jaring. Menurut salah satu warga, Rio, surutnya air waduk ini sudah berlangsung sejak bulan Juli 2023. 

Rio merupakan warga Pokoh Kidul yang mencari ikan dengan menggunakan jaring. Dalam sehari kurang lebih dirinya mendapat hasil tangkapan 15 kg ikan, terdiri dari jenis ikan Nila, Kutuk, dan Wader. 

Dari hasil tangkapan tersebut ia jual kepada konsumen dengan cara berkeliling menggunakan motor, karena hasil dari tangkapan ikan di Waduk Tandon tidak begitu laku saat dijual di pasar. Harga jualnya Rp 15.000/kg. 

Saat sore hari banyak warga dan anak muda datang ke Waduk Tandon untuk melihat atau berswafoto. Ada yang berbeda dari tahun sebelumnya saat kemarau datang banyak warga sekitar bercocok tanam seperti jagung, kacang panjang, kangkung dan ubi. Namun, untuk tahun ini ada imbauan dari dinas terkait warga dilarang menanam di area Waduk Tandon. 

Saat ditanya apa alasannya, Rio tidak mengetahui secara pasti. "Meski sudah ada imbauan, warga masih ada yang menanam jagung, kacang panjang dan kangkung tetapi tidak sebanyak tahun kemarin," ujar Rio kepada brominemedia.com. (25/8/2023).

Konten Terkait

PERISTIWA Bintan Dihantam Kemarau Panjang, BPBD Minta Warga Waspada

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bintan meminta warga mewaspadai potensi kemarau panjang di Pulau Bintan.

Rabu 31-Jul-2024 21:12 WIB

Bintan Dihantam Kemarau Panjang, BPBD Minta Warga Waspada
SAINS BMKG: Indonesia Masuk Musim Kemarau, Tetap Waspada Potensi Cuaca Ekstrem

Sebagian wilayah di Indonesia memasuki musim kemarau dan berpotensi mengalami kekeringan. Namun BMKG meminta masyarakat tetap waspada potensi cuaca ekstrem.

Minggu 09-Jun-2024 17:39 WIB

BMKG: Indonesia Masuk Musim Kemarau, Tetap Waspada Potensi Cuaca Ekstrem
PERISTIWA Hore! Bekasi Akhirnya Diguyur Hujan

brominemedia.com - Bekasi akhirnya diguyur hujan pada malam ini, Selasa (24/10/2023). Hujan malam ini merupakan penantian panjang bagi warga Bekasi setelah beberapa bulan mengalami kemarau panjang.

Rabu 25-Oct-2023 00:07 WIB

Hore! Bekasi Akhirnya Diguyur Hujan
PERISTIWA Sorgum Tanaman Pangan Penyelamat Warga Wuryantoro Saat Musim Kemarau

Sorgum atau garai adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri.

Jumat 08-Sep-2023 10:46 WIB

Sorgum Tanaman Pangan Penyelamat Warga Wuryantoro Saat Musim Kemarau
PERISTIWA Dalam Sehari Si Jago Merah Lahap 6 Tempat yang Berbeda di Wonogiri

Dalam satu hari tepatnya Selasa (5/9/2023) di Wonogiri terjadi enam kebakaran di tempat yang berbeda

Rabu 06-Sep-2023 14:51 WIB

Dalam Sehari Si Jago Merah Lahap 6 Tempat yang Berbeda di Wonogiri

Tulis Komentar