Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

KESEHATAN

5 Khasiat Bawang Putih yang Bisa Membantu Cegah Timbulnya Penyakit Ini

Jumat 21-Jul-2023 06:54 WIB

155

5 Khasiat Bawang Putih yang Bisa Membantu Cegah Timbulnya Penyakit Ini

Foto : jpnn

brominemedia.com- 5 Khasiat Bawang Putih yang Bisa Membantu Cegah Timbulnya Penyakit Ini 5 Khasiat Bawang Putih 
BAWANG putih merupakan bumbu dapur yang memiliki aroma khas. Sebagai salah satu bahan yang dipergunakan untuk herbal, bawang putih mengandung zat Allicin, yang mampu memberikan manfaat bagi kesehatan. Selain itu, bawang putih juga mengandung vitamin, dan mineral lain.  Mulai dari vitamin C, vitamin B-6, selenium, tembaga dan seng. 
1. Meringankan Sakit Gigi Manfaat bawang putih sudah dipercaya bisa mengatasi masalah sakit gigi. Aman untuk Penderita Penyakit Ini Cukup letakkan beberapa siung bawang putih, yang sudah dihancurkan, langsung pada gigi yang sakit. Khasiat bawang putih bisa membantu meringankan sakit gigi, karena sifat antibakteri dan analgesik. 
2. Menurunkan Tekanan Darah Manfaat bawang putih dalam menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi sudah cukup umum diketahui masyarakat. Salah satu penelitian menemukan, bahwa pemberian 600 hingga 1.500 mg ekstrak bawang putih memberikan efek yang setara dalam menurunkan tekanan darah, seperti obat Atenolol, selama dalam jangka waktu 24 minggu. Untuk menurunkan tekanan darah, Anda bisa mengonsumsi bawang putih mentah sebanyak 4 siung perharinya.
3. Mengatur Gula Darah Manfaat bawang putih bagi kesehatan bisa berfungsi sebagai pengatur kadar gula darah. Mengonsumsi bawang putih bisa membantu insulin dalam darah. Oleh karena itu, konsumsi bawang putih bisa membantu mengendalikan gula darah pada orang yang terkena penyakit diabetes.

4. Baik untuk Jantung Salah satu manfaat bawang putih ternyata sangat baik untuk kesehatan jantung. Hasil penelitian mengungkapkan data bahwa pemberian suplemen yang mengandung ekstrak bawang putih, berpotensi memberikan efek perlindungan untuk kesehatan jantung.

Efek ini terlihat dari kemampuan bawang putih untuk menurunkan kolesterol dan efek pengencer darah, yang bisa membantu melancarkan sirkulasi darah.

5. Mencegah Kanker Salah satu manfaat bawang putih yang sedang banyak diteliti adalah efeknya dalam melawan kanker. Pasalnya, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa bawang putih bisa menekan aktivitas perkembangan sel kanker. Berdasarkan temuan tersebut, bawang putih memiliki potensi sebagai sumber antikanker. Selain itu, studi lain menunjukkan bahwa mereka yang terbiasa mengonsumsi bawang putih berisiko lebih kecil terkena kanker usus besar


Share:

Konten Terkait

KRIMINAL BREAKING NEWS: 3 Orang Jadi Tersangka Korupsi Pembangunan Pasar Kedungwuni Pekalongan

Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Pekalongan menetapkan tiga orang tersangka dalam kasus dugaan korupsi pembangunan Blok F Pasar Kedungwuni.

Kamis 26-Sep-2024 20:29 WIB

BREAKING NEWS: 3 Orang Jadi Tersangka Korupsi Pembangunan Pasar Kedungwuni Pekalongan
PERISTIWA BREAKING NEWS: Jelang Malam 1 Suro, Batang Diguncang Gempa Dangkal

Jelang malam 1 suro, Batang, Jawa Tengah diguncang gempa dangkal hingga membuat sejumlah bangunan roboh.

Minggu 07-Jul-2024 20:11 WIB

BREAKING NEWS: Jelang Malam 1 Suro, Batang Diguncang Gempa Dangkal
KESEHATAN Tips Pilih Semangka agar Dapat yang Manis dan Matang

Agar tidak kecewa saat membeli, penting untuk mengetahui cara memilih semangka yang matang sempurna. Berikut tipsnya.

Senin 10-Jun-2024 20:23 WIB

Tips Pilih Semangka agar Dapat yang Manis dan Matang
PERISTIWA BREAKING NEWS - Mayat Perempuan di Batam Kondisi Tergantung Buat Geger Warga Sagulung

Mayat perempuan di Batam Kepri kondisi tergantung buat geger warga Perumahan Phoenix Garden, Sei Langkai, Sagulung, Jumat (17/5/2024).

Jumat 17-May-2024 20:39 WIB

BREAKING NEWS - Mayat Perempuan di Batam Kondisi Tergantung Buat Geger Warga Sagulung
PERISTIWA BREAKING NEWS: Ratusan Karyawan Garmen di Pemalang Geruduk Kantor Bea Cukai Tegal, Ini Tuntutannya

Ratusan karyawan perusahaan garmen PT Cahaya Timur Gramindo (CTG) Pemalang menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Bea Cukai Tegal.

Jumat 17-May-2024 20:39 WIB

BREAKING NEWS: Ratusan Karyawan Garmen di Pemalang Geruduk Kantor Bea Cukai Tegal, Ini Tuntutannya

Tulis Komentar