Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

KESEHATAN

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Bikin Jantung Sehat

Selasa 12-Sep-2023 11:53 WIB

414

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Bikin Jantung Sehat

Foto : detik

brominemedia.com--Jantung adalah organ vital yang memompa darah ke seluruh tubuh. Setiap harinya, otot yang berukuran hanya sekepal tangan ini bekerja keras dengan memompa sekitar 2.000 galon darah, menyalurkan nutrisi dan oksigen ke sel-sel dan organ-organ seluruh tubuh.

Menjaga kesehatan jantung pun menjadi suatu hal penting bagi setiap orang. Pasalnya, gangguan pada jantung dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius, termasuk serangan jantung dan stroke.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit kardiovaskular (CVD) adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia, dengan sekitar 17,9 juta jiwa meninggal setiap tahunnya. Namun, dengan mengadopsi gaya hidup sehat, kita dapat mengurangi risiko ini secara signifikan.

1. Pola makan sehat

Makanan yang dikonsumsi seseorang memiliki dampak besar pada kesehatan jantung. Diet yang seimbang yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral adalah kunci untuk menjaga jantung tetap sehat.

Dikutip dari Healthline, mengonsumsi makanan sehat dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Diet sehat jantung meliputi makanan yang rendah lemak jenuh, gula tambahan, dan garam. Cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak buah-buahan, sayuran, sumber protein sehat seperti ikan dan kacang-kacangan, serta biji-bijian utuh.

2. Berhenti merokok dan hindari paparan asap rokok

Merokok merupakan faktor risiko yang signifikan untuk penyakit jantung. Pasalnya, merokok merusak lapisan arteri Anda, yang menyebabkan penumpukan lemak yang mempersempit arteri dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Berhenti merokok secara signifikan dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Dikutip dari WebMD, hanya 20 menit setelah seseorang berhenti merokok, tekanan darah dan detak jantung akan turun. Dalam 2 hingga 3 minggu, aliran darah akan mulai membaik.

3. Mengelola stres

Dikutip dari laman Harvard Health Publishing, faktor psikologis sangat berpengaruh dan dapat berkontribusi terhadap risiko penyakit jantung. Stres akibat situasi dan kondisi yang menantang memainkan peran penting dalam gejala dan hasil kardiovaskular, terutama risiko serangan jantung. Depresi, kecemasan, amarah, dan isolasi sosial juga memengaruhi kesehatan kardiovaskular.

Mengelola stres dapat dilakukan dengan mempraktikkan teknik relaksasi seperti pernapasan dalam, meditasi, atau yoga. Melakukan aktivitas yang disukai, seperti membaca, mendengarkan musik, atau menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga juga dapat membantu dalam mengelola stres.

4. Tidur yang cukup

Tidur sangat penting untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, kurang tidur dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, obesitas, dan diabetes, yang semuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung. Usahakan untuk tidur setidaknya 7-8 jam setiap malam untuk menjaga kesehatan jantung tetap optimal.

 5. Bergerak lebih banyak

Olahraga adalah kunci untuk menjaga kesehatan jantung. Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol baik, dan mengontrol berat badan.

Latihan aerobik adalah salah satu latihan yang paling efektif untuk meningkatkan kesehatan jantung. Contoh latihan aerobik yang memompa jantung antara lain jalan cepat, berlari, berenang, bersepeda, bermain tenis, dan lompat tali.

Dikutip dari Tample Health, idealnya seseorang harus berolahraga setidaknya 30 menit, 5 kali dalam seminggu. Namun, jika tidak punya banyak waktu, bergerak lebih banyak dalam interval 10 menit pun dapat membantu. Setiap gerakan sangat berarti. Mulailah dengan aktivitas yang ringan, seperti berjalan kaki lebih jauh, dan tingkatkan intensitasnya secara bertahap.

 

Konten Terkait

PERISTIWA Dugaan Malapraktik di RSUD Blora, Direktur RS : 'Kita Sedang Investigasi'

Saat meninggal kondisi tubuh bayi berumur 6 hari itu di bagian tangan terlihat melepuh sehingga beredar kabar bayi itu menjadi korban malapraktik

Kamis 12-Sep-2024 20:35 WIB

Dugaan Malapraktik di RSUD Blora, Direktur RS : 'Kita Sedang Investigasi'
KESEHATAN Ribuan Pelajar SD di Probolinggo Akan Disuntik Vaksin DBD

Dinas Kesehatan (Dinkes) akan melakukan vaksinasi Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah kerja Puskesmas Paiton pada 12 September

Rabu 11-Sep-2024 20:42 WIB

Ribuan Pelajar SD di Probolinggo Akan Disuntik Vaksin DBD
TEKNOLOGI BPJS Ketenagakerjaan Sukses Lakukan Transformasi Digital Lewat Aplikasi Jamsostek Mobile

JPNN.com, JAKARTA - BPJS Ketenagakerjaan sukses melakukan transformasi digital melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO).

Jumat 30-Aug-2024 20:37 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukses Lakukan Transformasi Digital Lewat Aplikasi Jamsostek Mobile
KESEHATAN Lindungi Kesehatan Masyarakat, Epidemiolog Apresiasi Putusan BPOM tentang Label Pangan Olahan

Dicky menganggap bahwa langkah BPOM untuk mewajibkan pencantuman label bebas BPA adalah perkembangan signifikan

Rabu 28-Aug-2024 20:46 WIB

Lindungi Kesehatan Masyarakat, Epidemiolog Apresiasi Putusan BPOM tentang Label Pangan Olahan
OLAHRAGA Banyuwangi Night Healthy Run Diikuti Ratusan Pelari, Wadah Komunitas dan Lifestyle Baru

"Para peserta yang dari luar daerah mayoritas berkelompok. Rata-rata mereka berasal dari komunitas lari," kata Asiyah.

Minggu 11-Aug-2024 20:25 WIB

Banyuwangi Night Healthy Run Diikuti Ratusan Pelari, Wadah Komunitas dan Lifestyle Baru

Tulis Komentar