OLAHRAGA

Timnas U-16 Indonesia Lolos Babak Semifinal Piala AFF U-16 2024, Nova Arianto: Juara Bukan Target Utama

Jumat 28-Jun-2024 20:14 WIB 107

Foto : tempo

Brominemedia.com - Timnas U-16 Indonesia telah mengantongi tiket ke babak semifinal setelah berhasil menaklukkan Laos dengan skor 6-1 pada laga terakhir Grup A Piala AFF U-16 2024 atau ASEAN U-16 Boys Championship 2024 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Kamis malam, 27 Juni 2024. Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Nova Arianto, mengaku belum berpikir calon lawan skuad muda Garuda di fase gugur.

Nova mengatakan akan tetap berfokus pada setiap pertandingan. Dia tetap memastikan bahwa menjadi juara bukan menjadi target utamanya. "Dari awal saya sudah bicara. Fokus kami sebenarnya bukan juara tujuan utamanya. Juara adalah target ke sekian, tetapi lebih bagaimana pemain berprogres," ujar Nova.

Dia menyatakan bahwa tim pelatih akan berfokus pada setiap pertandingan yang akan dihadapi oleh tim asuhannya itu. "Fokus kami belum terpikir. Sebelum melawan Laos belum terpikir ke lawan selanjutnya. Saya katakan ke pemain, kami akan fokus setiap match-nya. Kami lihat nanti yang akan kami hadapi di semi final, entah Australia, Vietnam, Thailand, akan kami lihat lagi apa yang akan kami persiapkan dari siapa pun lawan kami di semi final nanti," ujar Nova.

Secara taktikal, Nova bersyukur para pemain Timnas U-16 Indonesia bisa cepat beradaptasi dengan mengeksekusi setiap rencana permainan. Menurut dia, pemain cukup adaptif dalam menerapkan setiap strateginya. "Saya bersyukur pemain bisa menjalankannya dengan baik, itu saya lihat menjadi progres pemain dalam kami saat latihan, awal mulai pemusatan latihan, jadi pemain bisa progres secara taktikal. Untuk fisik juga saya apresiasi pemain sehingga mereka bisa tampil maksimal," tutur dia.

Di sisi lain, Nova mengaku belum melakukan komunikasi dengan Shin Tae-yong maupun Indra Sjafri soal pemain Timnas U-16 Indonesia yang dinilai berpotensi promosi ke tingkat lebih tinggi seperti U-19, U-23, atau senior. Dia mengatakan tak ingin terburu-buru menaikkan level anak-anak asuhannya itu. "Saya rasa belum ya (komunikasi dengan Shin Tae-yong dan Indra Sjafri). Karena, saya masih fokus dengan ini. Saya juga lihat jalan mereka juga masih panjang. Saya tidak ingin terburu-buru," kata dia.

Nova berharap para pemain Timnas U-16 Indonesia itu mendapatkan banyak pengalaman terlebih dulu dari berbagai pertandingan di ajang AFF, termasuk AFC. "Harapannya ketika nanti ke timnas selanjutnya bisa lebih siap secara mental dan fisik," ucap dia.

Share:

Konten Terkait

OLAHRAGA Shin Tae-yong Berharap Kevin Diks Bisa Perkuat Timnas Indonesia pada November

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong menyebut bek Kevin Diks belum tentu dapat memperkuat tim asuhannya pada pertandingan-pertandingan putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 pada November....

Kamis 17-Oct-2024 20:38 WIB

OLAHRAGA Bahrain Kembali Berulah, Minta Leg Kedua Digelar di Luar Indonesia, Ini Reaksi Suporter Timnas

Asosiasi sepakbola Bahrain mengeluarkan pernyataan terkait leg kedua yang akan digelar di Indonesia.

Rabu 16-Oct-2024 20:53 WIB

OLAHRAGA Jordi Amat Cedera, Absen Kontra Cina, Mendoakan Timnas Meraih Kemenangan

bali.jpnn.com, TIONGKOK - Sektor belakang Timnas Indonesia pincang menjelang laga keempat kontra tuan rumah Cina pada putaran tiga babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa (15/10) malam.

Senin 14-Oct-2024 20:36 WIB

RAGAM Diberi Bantuan Uang Raffi Ahmad, Pak Tarno: Sudah Enggak Perlu Repot-repot

Pak Tarno diberi bantuan uang dari Raffi Ahmad, namun sempat menolak pemberian dari suami Nagita Slavina tersebut.

Rabu 09-Oct-2024 20:22 WIB

OLAHRAGA Rangking FIFA Timnas Indonesia vs Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Cek Perbedaan Peringkat!

Timnas Indonesia akan melanjutkan perjuangan mereka di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan menghadapi Bahrain.

Rabu 09-Oct-2024 20:21 WIB

Tulis Komentar