TEKNOLOGI

Teknologi Berbasis AI Buatan Dalam Negeri Ini Mampu Deteksi Bakat Manusia

Rabu 28-Aug-2024 20:44 WIB 33

Foto : tribunnews

Brominemedia.com – Perkembangan teknologi dalam beberapa dekade terakhir telah membawa pengaruh signifikan dalam berbagai aspek kehidupan manusia.

Salah satunya adalah teknologi artificial intelligence alias AI.

Baru-baru ini sebuah perusahaan teknologi dan informasi di Indonesia bernama Lintasarta meluncurkan Graphics Processing Units (GPU) Merdeka yang bakal digunakan sebagai infrastruktur artificial intelligence (AI).

Teknologi yang didukung perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat(AS) NVIDIA tersebut merupakan cloud AI pertama dan tercepat di Indonesia yang dikombinasikan dengan tools Manajemen Talenta (TalentDNA).

Nantinya teknologi canggih berbasis AI itu dapat memprediksi kesesuaian karyawan berdasarkan potensinya dengan pekerjaan, serta dapat memetakan individu pada role yang paling tepat.

Karya anak bangsa ini diharapkan dapat menonjolkan talenta-talenta terbaik Indonesia yang dapat bersaing di pasar global.

"Analisanya melibatkan tenaga ahli berpengalaman, melakukan penelitian, serta melibatkan tokoh spiritual, Psikolog, Ahli Psikometri, Administrasi Penelitian, serta Reviewer dan Pengolah data," ujar Direktur PT Arga Bangun Bangsa (ESQ), Luki Alamsyah dalam pernyataannya, Rabu(28/8/2024).

Founder ESQ Group, Ary Ginanjar Agustian mengatakan bahwa dalam pemanfaatan teknologi canggih khususnya dalam bidang AI, peluncuran GPU Merdeka ini merupakan wujud nyata komitmen pihaknya untuk terus berinovasi dan memberikan solusi terbaik bagi kebutuhan bisnis dan teknologi di Indonesia.

Tools ini dapat membantu memetakan setiap orang yang tepat dan ditempatkan sesuai dengan talenta dan kecocokan budaya kerja, menciptakan pengembangan yang personalized dan terakselerasi, memprediksi performa sehingga setiap orang dapat meraih 4 E (Easy-Enjoy-Excellent-Earn) harapannya setiap organisasi lebih maju dan Indonesia Emas tercapai.

Kerjasama dengan TalentDNA AI ini kata dia tidak hanya memperkuat ekosistem teknologi yang ada, tetapi juga membuka peluang baru dalam pengembangan talenta digital yang siap menghadapi tantangan masa depan.

"Kami percaya, dengan dukungan teknologi yang mutakhir dan SDM yang unggul, kita akan mampu membawa Indonesia ke panggung dunia dalam hal inovasi teknologi. Sehingga dari terbentuknya TalentDNA AI ini kita memiliki produk lokal hasil karya anak bangsa yang dapat memajukan produk Indonesia," ujarnya.

TalentDNA tersebut juga bisa berfungsi sebuah tools dari ESQ, sebagai metode untuk mengidentifikasi kecenderungan pola perilaku yang terus berulang pada berbagai situasi secara alami, natural, dan spontan.

"TalentDNA AI adalah The next level of Talent Management," kata Ary.

Konten Terkait

OLAHRAGA Profil Mauro Zijlstra Penyerang Jangkung, Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

Mauro Zijlstra memiliki kelayakan untuk dinaturalisasi sebagai pemain Indonesia berkat hubungan keluarga yang dimilikinya.

Jumat 13-Sep-2024 20:28 WIB

PEMERINTAHAN Prabowo Menyaring Calon Menteri, Prabowo Akan Bentuk Zaken Kabinet, Apa Itu?

Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tak lama lagi bakal dilantik.

Selasa 10-Sep-2024 20:33 WIB

OLAHRAGA Timnas Indonesia Mampu Tampil Solid Pada Babak Pertama Melawan Australia

Timnas Indonesia mampu tampil solid selama babak pertama, namun Australia berhasil mendominasi jalannya pertandingan

Selasa 10-Sep-2024 20:31 WIB

TREND Mengejar Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 8%, Ekonom Ungkap Syaratnya

Ekonom senior Indef, menyebutkan, bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia menyentuh angka 8% masih bisa dicapai (attainable growth).

Minggu 08-Sep-2024 20:24 WIB

OLAHRAGA Kabar Baik, Striker Haus Gol Australia Dipastikan Absen Lawan Timnas Indonesia

Kesalahan sendiri striker Australia Kusini Yengi membuat gagal dirinya absen saat lawatan ke markas Timnas Indonesia. Baca di sini.

Kamis 05-Sep-2024 20:39 WIB

Tulis Komentar