OLAHRAGA

Sosok Bagas Aditya Firmandail, Mahasiswa UMM Mengejar Prestasi Lewat Muay Thai karena Suka Adu Jotos

Rabu 24-Apr-2024 20:57 WIB 118

Foto : tribunnews

Brominemedia.com - Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Bagas Aditya Firmandail menerapkan filosofi kerja keras sebagai atlet olahraga bela diri Muay thai.

Ia harus terus berusaha keras untuk bisa terus menyandang prestasi di cabang olahraga beladiri itu dan juga dalam mengejar prestasi di dunia pendidikan.

Bagas yang baru meraih gelar juara kedua di Kejuaraan Muay thay, SLC Cup Super Fight Road To Thailand 2024 itu menggambarkan bagaimana ia memompa motivasi untuk mencapai prestasi.

Bagas yang menekuni olahraga itu sejak duduk dibangku SMA, tampil mewakili kota Malang dalam Kejuaraan yang dilangsungkan di Surabaya pada bulan Februari itu.

Ia menjelaskan, sebelum lomba mengalami kenaikkan berat badan hingga 10 kg. Maka ia harus menjalani diet selama kurang lebih satu bulan sebelum bertanding.

"Selama masa diet, saya lebih banyak memakan protein dan gandum untuk tetap menjaga daya tahan tubuh," katanya, Rabu (24/4/2024).

Namun mendekati perlombaan, berat badannya masih belum memenuhi kriteria sehingga ia sering minum air putih saja tanpa makan.

Dalam pertandingan, mahasiswa semester empat itu mendapatkan cedera saat melawan atlet muay thai profesional dari kota Surabaya.

Ia mendapatkan luka robek di mulut dan harus melakukan operasi dengan empat jahitan.

Hal itu membuatnya harus mundur pada babak akhir.

Harus menjalani operasi dan gagal meraih gelar juara meski tela sampai di partai final, tak membuat Bagas patah arang.

“Menurut saya, jahitan ini menunjukkan keseriusan saya dalam cabang olahraga muaythai. Semakin sakit dan banyak luka, maka ilmunya akan semakin tinggi. Jadi tidak masalah dan saya tetap optimis mengikuti di lain kesempatan” papar anak pertama dari tiga bersaudara itu.

Ia mengungkap, alasan menekuni bela diri itu karena saat masih kecil ia sering bertengkar dan beradu jotos dengan teman-temannya.

Akhirnya ia menyalurkan hal itu di kegiatan yang bermanfaat melalui olahraga bela diri muaythai.

Sejak 2021, ia telah mengikuti banyak ajang kompetisi dan selalu membawa pulang medali.

“Tidak pernah ada kata mundur dalam mengejar prestasi. Walaupun keluarga besar saya sering menentang karena faktor luka dan kesehatan, tapi saya ingin berusaha sampai akhir dan membuktikan bahwa melalui hobi ini saya bsia membanggakan mereka,” ceritanya.

Ia berharap kerja kerasnya bisa membanggakan nama kampus dari olahraga ini dan terus aktif menjadi atlet.

Konten Terkait

OLAHRAGA Sosok Bagas Aditya Firmandail, Mahasiswa UMM Mengejar Prestasi Lewat Muay Thai karena Suka Adu Jotos

Bagas yang menekuni olahraga bela diri Muathay sejak duduk dibangku SMA, tampil mewakili kota Malang dalam Kejuaraan yang dilangsungkan di Surabaya

Rabu 24-Apr-2024 20:57 WIB

PERISTIWA Komunitas Motor UMM Bantu Warga Terdampak Awan Panas Semeru

Muhammadiyah University of Malang Riders (MuRid) melangsungkan kegiatan bakti sosial. Komunitas motor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini menempuh lebih dari 100 kilometer untuk mencapai tiga titik...

Rabu 26-Apr-2023 06:26 WIB

KRIMINAL Seorang Jurnalis Jadi Korban Pelecehan Seksual di Rakernas Partai Ummat

Seorang jurnalis mengalami pelecehan seksual saat meliput Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 1 Partai Ummat di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

Rabu 15-Feb-2023 01:27 WIB

PENDIDIKAN Seorang Mantan Teroris Berhasil Selesaikan Studi S3 di UMM

Ali Fauzi, mantan narapidana teroris (Napiter) yang berhasil menyelesaikan studi S3 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Rabu 18-Jan-2023 09:05 WIB

PERISTIWA Di Tengah Sidang Korupsi Summarecon dan Kada, Laptop dan Berkas JPU KPK Digondol Maling

JPNN.com, JAKARTA - Laptop milik Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (JPU KPK) digondol maling.

Senin 26-Dec-2022 10:59 WIB

Tulis Komentar