LIFESTYLE

Saran Pakar dalam Memilih skincare yang Aman

Senin 06-May-2024 20:24 WIB 178

Foto : tempo

Brominemedia.com – Dr. Hanny Nilasari dari Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia membagi tips cara memilih obat perawatan kulit atau skincare yang mengandung bahan yang aman digunakan bagi kulit.

"Tidak ada ciri khusus tetapi yang harus diperhatikan masyarakat adalah harus aware kalau menggunakan skincare yang mengklaim bahwa skincare tersebut adalah pelembab. Pelembab seharusnya tidak mempunyai warna yang sangat mencolok," katanya di Jakarta, Senin, 6 Mei 2024.

Anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) itu mengatakan produk perawatan kulit yang baik dan aman digunakan juga seharusnya tidak berbau yang mencolok, yang bisa didefinisikan dari tidak adanya bau obat saat didekatkan ke hidung. 

Selain itu, masyarakat juga perlu mewaspadai jika memperoleh skincare yang bertekstur terlalu kental atau lengket. Kemudian, ia juga mengimbau untuk menghindari produk perawatan kulit dengan iming-iming dapat memutihkan kulit secara instan meskipun dapat dibuktikan.

"Misalnya disebutkan skincare mengandung pemutih alamiah, misalnya dipakai dalam waktu dekat dia akan jadi putih karena sudah dicampur dengan formulasi obat," jelas Hanny.
Waspada janji memutihkan

Hanny menyebut skincare yang dapat memutihkan secara instan berarti memiliki formulasi yang tidak terkontrol dan akan dapat membahayakan bila digunakan dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu, ia meminta agar lebih berhati-hati dan selektif dalam menggunakan produk perawatan kulit, termasuk di antaranya skincare beretiket biru yang beredar secara bebas, yang seharusnya hanya dapat diperoleh setelah berkonsultasi dengan dokter.

Terkait hal itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengajak masyarakat lebih tertib dalam penggunaan skincare beretiket biru. Pelaksana Tugas Kepala BPOM, Rizka Andalucia, mengatakan penggunaan skincare yang tidak sesuai dengan kebutuhan kulit dapat berbahaya dan dapat merusak kulit jika digunakan dalam waktu yang lama.

"Ini merupakan langkah kita bersama untuk menjaga agar kosmetik yang digunakan masyarakat mempunyai keamanan dan kualitas yang dapat dipertanggungjawabkan," ucap Rizka.
Share:

Konten Terkait

RAGAM Zodiak Wanita yang Menarik Minat dan Membuat Anda Menginginkannya

Apakah anda penasaran untuk mengungkap misteri bintang-bintang dan menemukan zodiak mana yang memiliki daya pikat paling memikat? Tidak perlu mencari lagi, karena kami telah menyusun daftar 5 zodiak wanita yang paling memikat. Yang pasti, hal ini akan menarik minat dan membuat anda menginginkannya.

Selasa 24-Sep-2024 20:23 WIB

KRIMINAL Diduga Adik Bunuh Kakak Kandung di Surabaya, Wanita Muda Tewas di Tangga Rumah, Leher Terlilit Kabel

Kasus ini bermula dari temuan jenazah korban yang tergeletak di atas anak tangga dengan kondisi leher terdapat ikatan kabel, dalam sebuah rumah

Rabu 31-Jul-2024 21:14 WIB

KRIMINAL Jangan Sembarang Angkat Telepon, Sampel Suara 3 Detik Bisa Jadi Bahan Menipu Orang Dengan AI

Jangan sembarang angkat telepon, dengan kemajuan teknologi saat ini bermodal rekaman suara 3 detik bisa digunakan untuk menduplikasi suara anda

Senin 22-Jul-2024 20:37 WIB

KESEHATAN Pilih Skincare Pasaran atau Krim Dokter? Dokter Kulit Jelaskan Produk yang Efektif Atasi Jerawat

Pilih skincare pasaran atau krim dokter? dokter spesialis kulit jelaskan produk yang kebih efektif untuk mengatasi jerawat.

Kamis 04-Jul-2024 20:22 WIB

KESEHATAN Tips Pilih Semangka agar Dapat yang Manis dan Matang

Agar tidak kecewa saat membeli, penting untuk mengetahui cara memilih semangka yang matang sempurna. Berikut tipsnya.

Senin 10-Jun-2024 20:23 WIB

Tulis Komentar