OLAHRAGA

Piala AFF 2022 Malam Ini: 3 Pemain Filipina yang Bisa Jadi Ancaman bagi Timnas Indonesia

Senin 02-Jan-2023 05:48 WIB 620

Foto : tempo

brominemedia.com - Timnas Indonesia membidik tiket semifinal saat bertandang ke Filipina dalam laga pamungkas Grup A Piala AFF 2022. Kedua tim akan berhadapan di Rizal Memorial Stadium, Senin, 2 Januari 2023, mulai 19.30 WIB.

Agar bisa mulus ke semifinal, timnas Indonesia harus bisa membawa pulang poin - entah seri atau menang. Hasil imbang cuma mengantarkan skuad Garuda finis runner-up. Sedagkan kemenangan akan membuka peluang menyalip Thailand sebagai juara grup.

Untuk menjadi juara grup, syaratnya tak mudah. Marc Klok dan kawan-kawan mesti menang dengan margin dua gol lebih besar dibandingkan skor Thailand, yang akan menjamu Kamboja.

Timnas Indonesia harus mengerahkan kemampuan terbaik jika ingin finis sebagai juara grup. Filipina bukan lawan yang mudah. Dalam tiga pertemuan terakhir, Indonesia tak pernah menang atas tim berjuluk The Azkals itu.

Meskipun kalah oleh Kamboja dan Thailand pada laga sebelumnya di Piala AFF 2022, tim asuhan Josep Ferre tampil beda ketika main di kandang. Kemenangan 5-1 atas Brunei Darussalam, 23 Desember lalu, buktinya. Dukungan para suporter di Rizal Memorial Stadium bisa melipatgandakan semangat mereka.

Inilah tiga pemain Filipina yang bisa menjadi ancaman bagi timnas Indonesia:

Kenshiro Daniels

Ancaman utama di tim Filipina jelas Kenshiro Daniels. Penyerang 27 tahun ini sudah mengoleksi tiga gol di Piala AFF 2022. Dua gol disarangkannya ke gawang Kamboja, satu lagi saat berjumpa Brunei. Jika tak waspada, Indonesia bisa masuk daftar korban Daniels selanjutnya.

Kenshiro Daniels masuk skuad Filipina saat membantai Indonesia 4-0 di Piala AFF 2014. Tapi, saat itu dia tak bermain. Kini, striker United City itu berkesempatan menjajal langsung kemampuan tim Merah-Putih.  Hal yang patut diwaspadai dari Daniels adalah kejeliannya mencari posisi dan memanfatkan celah di pertahanan lawan. 

Stephan Schrock

Stephan Schrock membawa pengalaman dan kepemimpinan dalam tim muda Filipina di Piala AFF 2022. Dia punya koleksi 55 caps dan enam gol bersama The Azkals sejak melakoni debut internasional pada 2011.

Sang kapten, yang kini berusia 36 tahun, adalah pemain serbabisa. Sejatinya seorang gelandang, tapi di turnamen kali ini Schrock juga kerap dipasang sebagai penyerang.

Bersama Kenshiro Daniels, dia bakal mengancam lini belakang Indonesia yang kehilangan Jordi Amat akibat akumulasi kartu kuning. Schrock memiliki kemampuan distribusi bola yang baik, juga andal mengeksekusi set piece.

Sebastian Rasmussen

Pemain berdarah Denmark ini merupakan wajah baru di skuad Filipina. Debutnya bahkan terjadi saat melawan Brunei Darussalam, 23 Desember lalu. Namun, penampilan pertama itu langsung berkesan karena Sebastian Rasmussen sukses menyumbang dua gol.

Pemuda 20 tahun ini bisa dibilang senjata rahasia Filipina, selalu masuk dari bangku cadangan selama Piala AFF 2022 ini. Dia diplot untuk memanfaatkan kelelahan dan kelengahan lawan untuk mencuri gol-gol vital.

Kelebihan utama Rasmussen adalah postur kokoh, kecepatan, dan tembakan keras. Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan mesti jaga fokus.

Konten Terkait

PERISTIWA Geram Lihat Kecurangan Wasit Ahmed Abu Bakar Al Kaf, Jokowi: Kalau Boleh Dibilang 'Gondok' Banget

Presiden Jokowi ikut geram dengan keputusan kontroversial dari wasit Ahmed Abu Bakar Al Kaf pada laga Timnas Bahrain versus Timnas Indonesia.

Jumat 11-Oct-2024 20:37 WIB

OLAHRAGA Timnas Indonesia U-20 Vs Argentina di Korea Selatan, Persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2025

Timnas Indonesia U-20 akan berhadapan dengan Timnas Argentina dalam agenda keikusertaan Tim Garuda Muda dalam turnamen Seoul Earth On Us Cup 2024.

Kamis 01-Aug-2024 21:45 WIB

OLAHRAGA Skor Timnas Indonesia U-19 Vs Thailand Final ASEAN Cup U-19 2024, Garuda Unggul 1-0 di Babak Pertama

Skor Timnas Indonesia U-19 Vs Thailand Final ASEAN Cup U-19 2024, Garuda Unggul 1-0 di Babak Pertama

Senin 29-Jul-2024 20:30 WIB

OLAHRAGA Inilah Calon Lawan Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Timnas Indonesia berpotensi bertemu tim-tim kuat seperti Jepang, Korea Selatan, dan Iran di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia...

Rabu 12-Jun-2024 09:19 WIB

OLAHRAGA Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Setelah Kalahkan Filipina 2-0

Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada Selasa malam (11/6/2024) dengan skor akhir 2-0.

Rabu 12-Jun-2024 09:10 WIB

Tulis Komentar