OLAHRAGA

Pertandingan Final SEA Games 2023 Indonesia VS Thailand Berlangsung Dramatis

Selasa 16-May-2023 23:36 WIB 282

Foto : suara

brominemedia.com – Laga final sepak bola SEA Games 2023 antara Indonesia VS Thailand akhirnya digelar. Pada menit-menit awal, Timnas Indonesia berhasil unggul terlebih dahulu. Keunggulan ini didapat dari lemparan ke dalam Dewangga yang dieksekusi epic oleh Sananta pada menit ke-21.

Selanjutnya, Indonesia terus tampil agresif menyerang hingga membuahkan gol ke-2 lewat kaki Sananta pada menit ke 45+4. Awalnya, gol ini sempat diprotes oleh timnas Thailand karena dianggap sebagai bola fairplay. Sayangnya, wasit tetap menyatakan bahwa gol ke-2 Sananta ini sah. Keunggulan 2-0 untuk Indonesia sampai babak pertama berakhir.

Di babak kedua, Thailand tampil lebih agresif. Hingga pada menit ke-64, Thailand berhasil mempertipis ketertinggalan lewat sundulan Anan. 1-2 untuk Thailand.

Pertandingan berlanjut dengan cukup panas karena banyak kartu kuning diberikan wasit untuk Thailand dan Indonesia. Hingga pada menit-menit akhir pertandingan, official Indonesia menyalahpahami suara peluit wasit sebagai akhir pertandingan sehingga melakukan selebrasi kemenangan. Namun ternyata, pertandingan belum usai.

Sepersekian detik setelah selebrasi singkat, tim Thailand secara dramatis berhasil menjebol gawang Indonesia di menit ke-90+9. 2-2, pertandingan babak kedua pun harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Di awal babak perpanjangan waktu, pemain Indonesia tampil lebih agresif. Pada menit ke-91. Jauhari akhirnya berhasil menambah keunggulan. 3-2 keunggulan untuk Timnas Indonesia.

Setelah gol Jauhari, tensi pertandingan makin panas. Kursi official Indonesia dan Thailand mendadak rusuh. Puncaknya, salah satu tim official Indonesia dihajar oleh Thailand. Kerusuhan yang berlangsung selama beberapa menit ini pun akhirnya mulai mereda. Pertandingan pun dilanjutkan.


Kerusuhan sebelumnya rupanya memengaruhi mental para pemain. Di menit ke-95, wasit terpaksa harus mengeluarkan 2 kartu merah sekaligus. 1 kartu merah untuk Indonesia dan 1 kartu merah untuk Thailand. Akibatnya, Komang dan Soponwit harus diusir dari pertandingan.

Dalam suasana terdesak, para pemain Thailand tampil lebih keras. Pada menit ke-102, lagi-lagi pemain Thailand, Jonathan diusir dari lapangan karena kartu merah oleh wasit.

Kehilangan 2 pemain sekaligus membuat pertahanan Thailand retak. Hal ini pun dimanfaatkan Indonesia untuk menyerang gawang Thailand. Di menit ke-107, Indonesia pun berhasil menambah keunggulan lewat tendangan Fajar. 4-2 keunggulan untuk Indonesia.

Tertinggal makin jauh pun membuat pertahanan Thailand makin kalut. Pada menit-menit akhir, pemain Thailand, Teerasak pun harus menerima ganjaran kartu merah dari wasit. Sepersekian detik kemudian, Indonesia pun akhirnya bisa kembali menjebol gawang Thailand lewat Beckham pada menit ke-120. 5-2 untuk Indonesia.

Pertandingan yang berlangsung cukup dramatis ini pun akhirnya dimenangkan oleh Timnas Indonesia dengan skor meyakinkan, 5-2. Dengan pencapaian ini, Indonesia akhirnya berhasil meraih medali emas untuk cabor sepak bola. Sebelumnya, Indonesia juga sudah pernah meraih medali emas cabor sepak bola pada tahun 1991 lalu.

Konten Terkait

OLAHRAGA Shin Tae-yong Berharap Kevin Diks Bisa Perkuat Timnas Indonesia pada November

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong menyebut bek Kevin Diks belum tentu dapat memperkuat tim asuhannya pada pertandingan-pertandingan putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 pada November....

Kamis 17-Oct-2024 20:38 WIB

OLAHRAGA Rangking FIFA Timnas Indonesia vs Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Cek Perbedaan Peringkat!

Timnas Indonesia akan melanjutkan perjuangan mereka di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan menghadapi Bahrain.

Rabu 09-Oct-2024 20:21 WIB

OLAHRAGA Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Bahrain, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Langsung jadi Andalan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Berikut ini ulasan mengenai prediksi susunan pemain Timnas Indonesia vs Bahrain.

Rabu 02-Oct-2024 20:48 WIB

OLAHRAGA Prediksi Pembagian Pot Drawing Piala Asia U-20 2025: di Mana Posisi Timnas Indonesia?

Sebanyak 15 tim telah berhasil lolos ke putaran final, bersama tuan rumah, China, yang otomatis mendapatkan tempat di ajang ini

Senin 30-Sep-2024 20:31 WIB

OLAHRAGA Hasil Babak Pertama Timnas Indonesia vs Yaman: Skor 1-1, Garuda Selangkah ke Piala Asia U20 2025

Timnas U20 Indonesia tetap menjadi yang terbaik di grup F Kualifikasi Piala Asia U20 2025 berkat hasil sementara ini. Baca di sini selengkapnya.

Minggu 29-Sep-2024 20:24 WIB

Tulis Komentar