LIFESTYLE

Pengamat Sebut Pom Listrik Jadi Peluang Bisnis Masa Depan

Kamis 20-Jun-2024 20:38 WIB 111

Foto : jpnn

Brominemedia.com – Pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia makin masif dari tahun ke tahun. Pengamat Energi dan Kendaraan Listrik ENTREV Eko Adji Buwono menjelaskan secara global pertumbuhan penjualan kendaraan listrik melonjak 46 persen pada 2023 dibandingkan 2022.

Di Indonesia, hingga 2023 ada 188.924 unit kendaraan listrik di Indonesia. Jumlah ini naik drastis dari jumlah pada 2022 yang baru 51.885 unit kendaraan.

Eko menilai untuk mengakselerasi penetrasi kendaraan listrik maka ketersediaan charging station juga menjadi penting.  Oleh karena itu, ke depan bisnis "pom listrik" atau charging station di Indonesia menjadi peluang bisnis yang menarik.

"Awareness masyarakat terhadap pentingnya menjaga iklim juga makin besar. Jadi, berganti ke kendaraan listrik bukan haya lebih hemat tetapi juga upaya bersama demi bumi yang lebih baik," kata Eko di Jakarta, Kamis (20/6).

Eko melanjutkan mengambil kisah sukses menjamurnya "pom bensin", "pom listrik" bakal menjadi era baru.  Untuk itu, kata Eko pemerintah juga harus menangkap peluang ini dengan memberikan berbagai insentif untuk mendorong keterlibatan swasta dalam bisnis charging station ini.

"Bisnis SPKLU sangat menjanjikan keuntungan yang relative bagus. Apalagi kedepan, kebutuhan SPKLU diperkirakan mencapai 48 ribu titik dan 196 ribu titik untuk SPBKLU di Indonesia," kata Eko.

Eko juga menjelaskan, kajian yang dilakukan ENTREV, bisnis charging station ini juga memiliki tingkat pengembalian investasi yang cepat dan menguntungkan.

"Dari model bisnis yang dikembangkan oleh ENTREV, dengan memperhitungkan kondisi kebijakan dan regulasi seperti saat ini maka jika ditarik dengan durasi Waktu 10 tahun, maka Equity IRR-nya bisa mencapai 15 persen dengan perhitungan moderat payback periode-nya (pengembalian investasi) di bawah lima tahun," kata Eko.

Total SPKLU di Indonesia baru mencapai 1.566 unit dan SPBKLU sebanyak 1.772 unit hingga Mei 2024. Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan Permen ESDM Nomor 1 Tahun 2023 Infrastruktur Pengisian Listrik untuk KBLBB dan platform single gateway platform untuk mempermudah bisnis pom listrik ini.

Share:

Konten Terkait

PERISTIWA BREAKING NEWS: Jelang Malam 1 Suro, Batang Diguncang Gempa Dangkal

Jelang malam 1 suro, Batang, Jawa Tengah diguncang gempa dangkal hingga membuat sejumlah bangunan roboh.

Minggu 07-Jul-2024 20:11 WIB

LIFESTYLE Pengamat Sebut Pom Listrik Jadi Peluang Bisnis Masa Depan

JPNN.com, JAKARTA - Pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia makin masif dari tahun ke tahun.

Kamis 20-Jun-2024 20:38 WIB

PERISTIWA MOBIL Mewah Mini Clubman Terbakar di Renon, Diduga Akibat Korsleting Listrik!

Informasi yang diperoleh dari Kasi Humas Polresta Denpasar, AKP I Ketut Sukadi, kebakaran tersebut diduga akibat korsleting listrik.

Senin 03-Jun-2024 20:41 WIB

PERISTIWA BREAKING NEWS - Mayat Perempuan di Batam Kondisi Tergantung Buat Geger Warga Sagulung

Mayat perempuan di Batam Kepri kondisi tergantung buat geger warga Perumahan Phoenix Garden, Sei Langkai, Sagulung, Jumat (17/5/2024).

Jumat 17-May-2024 20:39 WIB

PERISTIWA BREAKING NEWS: Ratusan Karyawan Garmen di Pemalang Geruduk Kantor Bea Cukai Tegal, Ini Tuntutannya

Ratusan karyawan perusahaan garmen PT Cahaya Timur Gramindo (CTG) Pemalang menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Bea Cukai Tegal.

Jumat 17-May-2024 20:39 WIB

Tulis Komentar