EVENT

Kalender Bali Senin 2 Oktober 2023: Hari Baik Mulai Berjualan, Murah Rezeki, Hindari Ini

Senin 02-Oct-2023 07:02 WIB 255

Foto : brominemedia.com

Brominemedia.com  - Senin hari ini (2/10) berdasarkan kalender Bali masuk Soma Umanis Medangkungan. Sama seperti kalender Jawa, masyarakat Bali juga menggunakan kalender ini untuk berbagai keperluan, baik untuk menentukan hari baik, buruk dan lainnya. Masyarakat Bali masih menggunakan kalender tersebut untuk acara keagamaan, usaha, pertanian, pernikahan atau kelahiran. Meski mengadopsi sistem penanggalan Saka India , kalender Bali telah mengalami modifikasi sesuai dengan unsur lokal. Pada kalender Bali terdapat pengalantaka sebagai acuan penetapan purnama dan tilem. Melalui pengalantaka maka bisa menentukan hari baik (ala ayuning dewasa ayu) dan buruk (dewasa ala). Penanggalan Bali juga tak lepas dari weweran yang dilakukan perhitungan dengan wuku sehingga dari pertemuan hari tersebut akan menentukan hari baik dan buruk untuk melakukan sesuatu. Berikut ala ayuning dewasa ayu pada Senin hari ini (2/10) dilansir dari kalenderbali.org:

1. Amertayoga: Baik untuk membangun, mencari pengupa jiwa (nafkah) dan memulai suatu usaha atau perusahaan. (Alahing dewasa 3).

2. Banyu Urug: Baik untuk membuat bendungan. Tidak baik untuk membuat sumur. (Alahing dewasa 3).

3. Dauh Ayu: Baik untuk membuat awig-awig, peraturan-peraturan atau undang-undang, baik untuk membangun. (Alahing dewasa 2).

4. Geni Rawana: Baik untuk segala pekerjaan yang menggunakan api. Tidak baik untuk mengatapi rumah, melaspas, bercocok tanam. (Alahing dewasa 2).

5. Kala Buingrau: Baik untuk menebang kayu, membuat bubu, memuja pitra.Tidak baik untuk membangun, mengatapi rumah. (Alahing dewasa 4).

6. Kala Jangkut: Baik untuk membuat pencar, jaring, senjata. (Alahing dewasa 4).

7. Kala Rumpuh: Tidak baik untuk pindah rumah, memulai memelihara ayam, itik, sapi, kerbau, kambing, babi (ternak). (Alahing dewasa 3).

8. Kala Sor: Tidak baik untuk bekerja hubungannya dengan tanah seperti membajak, bercocok tanam, membuat terowongan. (Alahing dewasa 3).

9. Kala Temah: Tidak baik untuk dewasa ayu. (Alahing dewasa 3).

10. Salah Wadi: Tidak baik untuk melakukan Manusa Yadnya (wiwaha, mapendes, potong rambut dll.) Pitra Yadnya (Penguburan, atiwa-tiwa/ngaben, nyekah, ngasti dll. (Alahing dewasa 3).

11. Sedana Yoga: Baik untuk membuat alat berdagang, tempat berdagang, mulai berjualan karena akan murah rezeki. (Alahing dewasa 2).

12. Srigati: Baik untuk menyimpan padi di lumbung dan menurunkan padi dari lumbung (Alahing dewasa 4).

13. Srigati Munggah: Baik untuk membibit/menanam padi, membuat alat-alat berjualan, membuat pahat, menyimpan padi atau upacara padi di lumbung. Tidak baik meminjam sesuatu, menjual beli beras. (Alahing dewasa 4).

14. Titibuwuk. Baik untuk menghilangkan penyakit karena guna-guna dan sejenisnya. Tidak baik untuk memulai suatu pekerjaan penting bepergian, membuat tangga/banggul. (Alahing dewasa 3).

15. Pararasan: Laku Angin, Pancasuda: Tunggak Semi, Ekajalaresi: Buat Astawa, Pratiti: Upadana.

Share:

Konten Terkait

PERISTIWA Top 7 News Harianjogja.com Kamis 5 Oktober 2023

Berikut kami sampaikan 7 Top News brominemedia.com pada Kamis 5 Oktober 2023.

Kamis 05-Oct-2023 06:37 WIB

SAINS Top7 News Harianjogja.com, Kamis (16/2/2023)

Top7 News Harianjogja.com, Kamis (16/2/2023). Pemda DIY Siapkan 2 Opsi Jadwal Konsultasi Publik Tol Jogja-YIA, Digelar Pararel atau Bersamaan?

Kamis 16-Feb-2023 07:37 WIB

TREND Top 7 News Hari Ini, Rabu 8 Februari 2023

BPS DIY merilis kondisi perekonomian di wilayah DIY berdasarkan besaran PDRB atas dasar harga berlaku triwulan IV-2022 mencapai Rp43,28 triliun.

Rabu 08-Feb-2023 06:57 WIB

Tulis Komentar