KESEHATAN

Inilah Lima Bahan Berbahaya Yang Harus Dihindari dalam Produk Perawatan Kulit Bayi

Kamis 22-Dec-2022 09:02 WIB 146

Foto : tempo

Brominemedia.com- Kulit bayi yang baru lahir sangat halus, sensitif, dan rentan iritasi jika terkena produk perawatan kulit yang salah. Oleh karena itu, bayi membutuhkan perawatan perawatan kulit yang lembut yang akan memelihara kulit mereka yang lembut dan kenyal dan untuk orang tua usia baru saat ini, sangat penting untuk memahami bahan yang digunakan dalam produk perawatan bayi.

Bayi memiliki kulit yang sangat halus, membutuhkan perawatan dan perhatian ekstra karena lebih rentan terhadap infeksi dan iritasi kulit daripada kulit orang dewasa. Bahan kimia keras dalam produk bayi dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan pada kulit bayi.

Kashish Kalra, dokter spesialis kulit di Indua, merekomendasikan beberapa hal yang perlu diketahui sebelum membeli produk perawatan kulit bayi.

1. pH

Kulit kita memiliki pH 5,5 pastikan produknya juga memiliki pH yang sama yang biasanya disebutkan dalam batch.

2. Wewangian

Bahan wewangian perlu dihindari adalah aldehida karena mengandung alergen dan karsinogenik sehingga sabun atau pelembap bayi yang ideal harus bebas pewangi.

3. SLS

Sodium lauryl sulfate yang memberikan busa pada sabun adalah bahan kimia yang berbahaya, jadi gunakan sabun yang bebas busa.

4. Paraben

Hampir dilarang di dunia barat, penggunaan paraben cukup umum di negara berkembang yang biasanya ditambahkan untuk meningkatkan umur simpan produk dan merupakan iritan kulit yang umum.

5. Talc

Banyak talc mengandung asbes jadi lebih baik menggunakan bedak bebas talc atau tidak menggunakan bedak sama sekali. Asbes bersifat karsinogenik

6. Tabir surya kimia (oxybenzone)

Tabir surya sama pentingnya untuk bayi seperti untuk orang dewasa, tetapi untuk anak-anak harus bebas bahan kimia. Gunakan tabir surya fisik yang mengandung seng oksida. Tabir surya kimia harus dihindari karena mengandung oxybenzone, avobenzones, paba dll yang memiliki pengaruh hormonal pada anak-anak karena dapat diserap melalui kulit.

Bahan lainnya adalah Phenoxyethanol yang sering digunakan sebagai pengawet dalam produk kosmetik termasuk untuk bayi. European Scientific Committee on Consumer Safety (di bawah European Medicine Agency) mengizinkan penggunaannya pada konsentrasi maksimum 1 persen. Demikian pula, Ministry of Health, Labour and Welfare, Japan mendefinisikannya sebagai 'bahan yang dibatasi' dan membatasi penggunaannya hingga 1% persen.

Konten Terkait

LIFESTYLE Diza Glow Tawarkan Rangkaian Produk Perawatan Kulit Lokal Agar Tetap Glowing

Setiap wanita ingin tampil cantik maksimal di setiap keadaan. Diza Glow tawarkan produk perawatan kulit lokal agar miliki kulit lebih cerah.

Rabu 04-Jan-2023 23:00 WIB

KESEHATAN Inilah Lima Bahan Berbahaya Yang Harus Dihindari dalam Produk Perawatan Kulit Bayi

Bayi memiliki kulit yang sangat halus, membutuhkan perawatan dan perhatian ekstra karena lebih rentan terhadap infeksi dan iritasi kulit.

Kamis 22-Dec-2022 09:02 WIB

LIFESTYLE Apa Efek Jika Lupa Mencuci Wajah Sebelum Memakai Produk Perawatan Kulit?

Jika tidak mencuci wajah sebelum menggunakan produk perawatan kulit, produk itu berada di atas lapisan produk lain

Senin 19-Dec-2022 11:15 WIB

Tulis Komentar